RSS

THE GUEST STAR "AWAN"


Mengenal Grup Acapella Awan- Memikat dengan Genre Parodi

   
   Grup acapella, Awan, asal Semarang mulai meramaikan industri musik Indonesia. Bermula dari ketidaksengajaan, pilihan genre parodi berhasil memikat khalayak. 

      Awan digawangi oleh Abdullah Rizki Novandi (lead vocal), Tedy Zulqirofik alias Uki (vocal percussion), Didik Husada alias Didik (vocal1), Hari Nugraha alias Hari (vocal2), Rifiana Abdul Razzak alias Ivan (bass vocal). Nama Awan sengaja dipilih untuk mengungkapkan asa setinggi awan. Adalah X Factor Indonesia, program unggulan RCTIyang menjadi momentum eksistensi Awan. Grup ini lolos ke babak 14 besar, dan sejak saat itu Awan ramai dibincangkan. 

     Penggemarnya bisa melihat aksi yang sudah diunggah Youtubedengan jumlah viewer ribuan. Aksi kocak dengan lirik gubahan menggelitik memancing tawa penonton. Penampilan mereka mudah dikenali dengan ciri khas dasi kupu-kupu. Beberapa lagu terkenal sudah diubah menjadi lirik menggelitik. Misalnya, lagu You’re not alone milik legenda pop Michael Jackson dibawakan medleydalam bahasa Tegal dengan lirik jenaka. 

     Awan juga membawakan lagu medley What Makes You Beautifulmilik One Direction dan Beautifulmilik Cherry Belle. Pembuatan lagu medley ini membutuhkan kreativitas bersama dengan Ivan sebagai orang yang kebagian jatah mengaransemen ulang. “Parodi berawal dari ketidaksengajaan saat mengikuti X Factor Indonesia. Awan justru eksis di pilihan parodi karena mengambil genre berbeda,” ungkap Rizki. Pria kelahiran 18 November tersebut merupakan salah satu dedengkot Awan. 

Gambar Single AWAN yang berjudul Bismillah

    Awal muasalnya adalah tim nasyid dari Universitas Diponegoro (UNDIP). Bongkar pasang personel dilakukan karena beberapa personel mengundurkan diri lantaran faktor pekerjaan. Formasi yang ada saat ini sudah terbentuk sejak 2009. Awan memiliki lagu sendiri bernuansa religi. Sederet lagu sudah diciptakan seperti Dekatkanlah, Kekasih Allah, Renung, Sholat, dan Jangan Ada Permusuhan. “Saat ini Awan memilih lagu bertema universal namun tidak meninggalkan lagu religi Islam,” ujar Hari, yang berperan sebagai vocal2. 

    Pilihan genre Awan disambut positif masyarakat. Berbagai tawaran manggung memenuhi jadwal mereka hingga akhir tahun. Jakarta dan Palembang, mengisi aktivitas di akhir pekan. Mereka juga mengaku tidak sempat lagi latihan. “Sekarang latihan di sela-sela perjalanan,” ungkapnya. Segudang rencana sudah diangankan Awan, di antaranya memiliki album sendiri dan mempertahankan personel supaya tetap solid. Meski demikian, Awan bersabar menunggu izin dari pihak Sony karena terikat kontrak selama 18 bulan, setelah lolos sebagai kontestan X Factor.